PENGOBATAN ALA NABI DENGAN SUSU DAN KENCING UNTA



BAB I
PENDAHULUAN

1.1.       Latar Belakang
Dulu sedikit saja orang yang meyakini bahwa Thibbun Nabawi atau pengobatan ala Nabi mampu mengatasi penyakit-penyakit yang di kalangan medis modern diyakini sebagai penyakit-penyakit yang tak bisa disembuhkan.
Mereka tidak bisa menalar, bagaimana seseorang yang mengalami stroke, tekanan darah tinggi, diabetes, dan jantung koroner dibekam, dikeluarkan darah dari permukaan kulitnya, lantas ia bisa memperoleh kesembuhan?
Bagaimana pula ruqyah, madu, habbatus sauda’, minyak zaitun, dan berbagai resep-resep pengobatan dalam Al-Quran dan As-Sunnah secara mencengangkan, cepat, mudah, dan murah, dengan izin Allah, menjadi sebab sembuhnya berbagai penyakit yang dianggap kronis dan degeneratif?
Namun, saat ini sudah tak terhitung manusia yang membuktikan bahwa resep-resep dari Al-Quran dan As-Sunnah benar-benar mujarab. Berbagai testimoni, di antaranya yang dimuat di website ini, menjadi bukti tak terbantahkan mengenai hal itu. Itulah sebabnya, semakin banyak orang yang mempelajari dan mempraktikan Thibbun Nabawi.
Maha Benar Allah, yang telah berfirman:
سَنُرِيهِمْ ءَايَاتِنَا فِي الْآفَاقِ وَفِي أَنْفُسِهِمْ حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُ الْحَقُّ
“Akan Kami perlihatkan tanda-tanda kekuasaan kami di segenap cakrawala dan di dalam diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al-Quran itu benar.” (Fushshilat:63)
Thibbun Nabawi adalah fakta. Ia keluar dari pelita kenabian, yaitu wahyu yang diturunkan kepada Nabi yang berbicaranya bukan berdasarkan hawa nafsu. Karena itu, hanya manusia yang cacat imannya dan rusak fitrahnya yang menolaknya.
1.2.       Rumusan Masalah
1. Bagaimanakan cara pengobatan Nabi dengan susu unta?
2. Apa sajakah manfaat pengobatan Nabi dengan susu unta dan kencing unta?

1.3.       Tujuan Penulisan
1.    Diketahui cara pengobatan Nabi dengan susu unta.
2.    Diketahui manfaat pengobatan Nabi dengan susu unta dan kencing unta.

1.4.       Manfaat Penulisan
1.    Menambah pengetahuan kepada mahasiswa tentang pengobatan nabi.
2.    Mempertebal keimanan bahwa agama islam agama haq dan menjadi dasar ketauhidan diri bahwa Allah menciptakan segala sesuatu dengan segala manfaat dan kegunaanya.
















BAB II
PEMBAHASAN

1.1   Penyakit
Rasulullah Shallallahu‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يُصِيْبُهُ أَذًى مِنْ مَرَضٍ فَمَا سِوَاهُ إِلاَّ حَطَّ اللهُ بِهِ سَيِّئَاتِهِ كَمَا تَحُطُّ الشَّجَرَةُ وَرَقَهَا
“Tidaklah seorang muslim ditimpa gangguan berupa sakit atau lainnya, melainkan Allah menggugurkan kesalahan-kesalahannya sebagaimana pohon menggugurkan daun-daunnya.” (HR. Al-Bukhari no. 5661 dan Muslim no. 6511)

مَا أَنْزَلَ اللهُ دَاءً إِلاَّ أَنْزَل لَهُ شِفَاءً
“Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia turunkan untuk penyakit itu obatnya.” (HR. Al-Bukhari no. 5678)

لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌ، فَإِذَا أُصِيْبَ دَوَاءُ الدَّاءِ بَرَأَ بِإِذْنِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ

“Setiap penyakit ada obatnya. Maka bila obat itu mengenai penyakit akan sembuh dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala.” (HR. Muslim no. 5705).
Dalam Islam, tentu segala sesuatu ada solusinya, karena Islam merupakan Rahmatan lil alamin, mulai dari hal terkecil sampai hal yang besar didalam Islam ada aturannya bahkan baik dari Al-Quran maupu Sunnah Rasulullah yang langsung diajarkan serta dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.
Begitu pula dalam hal pengobatan, Islam yang sempurna telah memberikan solusi bagi umatnya. Pengobatan ini dikenal dengan pengobatan nabawi (thibbun nabawi)

1.2.  Susu Unta
Dalam kitab Shahih Bukhari dan Muslim dituturkann hadis riwayat Anas Ibnu Malik. Ia menuturkan bahwa hari datang komunitas Urainah dan Ukal menemui Rasulullah SAW. Mereka mengadu telah terjangkiti penyakit sejenis penyakit perut kembung (istisyqa). Rasulullah SAW berkata kepada mereka, “Coba keluarlah kalian, dan cari hewan unta, lalu minum air susu dan seninya,”Mereka lantas melaksanakan anjuran Rasulullah SAW tersebut, dan akhirnya mereka sembuh. Akan tetapi setelah sembuh, komunitas Urainah dan Ukal justru merompak para penggembala muslim dan membunuh mereka, serta membawa lari unta-unta para penggembala muslim. Komunitas Urainah dan Ukal juga tak henti-hentinya memerangi Allah SWT dan Rasul-Nya.

Karenanya Rasulullah SAW mendelegasikan pasukan Islam untuk memburu dan menangkap mereka. Akhirnya berhasil diringkus dan diberlakukan hukum Qishash (dipotong tangan dan kaki mereka). Sungguh tindakan mereka sangat biadab, mereka menghunus pedang ke leher para penggembala muslim, mencongkel mata, dan menjemur para pengembala di bawah terik sinar matahari hingga tewas. Karenanya, para perompak itu harus dihukum mati. Isyarat pengobatan dalam Hadis ini bahwa; jenis penyakit yang disebutkan ialah sejenis penyakit perut kembung (istisyqa). Terkait dengan riwayat ini, Imam Muslim menuturkan bahwa mereka berkata, “Kami mengidap penyakit yang mewabah di bumi Madinah. Perut kami tiba-tiba kembung dan anggota tubuh kami mendadak gematar...dan seterusnya....!
Penyakit yang menjangkiti penduduk Madinah saat itu adalah sejenis penyakit perut akut. Adapun maksud dari sabda Nabi SAW dalam hadis ini adaalh penyakit yang menyerang fisisk karena adanya unsur “benda asing” (materi) bertekstur dingin, yang menjalar ke dalam rongga-rongga seluruh organ tubuh, sehingga menyebabkan pembengkakan akut benda asing ini menyusup ke seluruh organ tubuh luar dan ruang-ruang kososng yang ada di dalam tubuh, sehingga berakibat buruk bagi metabolisme dan pencernaan makanan. Jenis penyakit ini ada tiga macam. Di antara yang paling akut (bahaya) yang menyerang bagian tubuh berdaging, rongga tubuh, dan busung.
 Karenanya obat yang pakai sebagai penawar penyakit adalah obat perangsang yang memiliki “ukuran” (dosis) seimbang serta mampu memperlancar metabolisme yang selaras dengan kebutuhan tubuh. Dan semua persyartan itu ternyata ada pada air seni unta dan susunya. Oleh sebab itu Rasulullah SAW menyuruh mereka untuk mengkonsumsinya. Susu unta berkhasiat untuk memperlancar metabolisme, memperhalus sisa-sisa makanan dalam tubuh, serta membuka penyumbatan. Hal yang demikian itu kebanyakan ada pada pangan yang dikonsumsi oleh unta, seperti rumput qaishun, akar-akaran, idzkhir, dan rumput-rumput sejenisnya. Semua rumput tersebut merupakan obat pencahar.
  Pengidap penyakit ini biasanya mengeluhkan masalah levernya, bisa pula dengan disertai komplikasi lainnya. Akan tetapi penyakit itu rata-rata disebabkan oleh terjadinya penyumbatan dalam tubuh. Susu unta Arab sangat manjur untuk membuka dan melenyapkan sumbatan-sumbatan tersebut, sepertu hal yang dijelaskan di atas. Imam ar-Razi mengatakan, “Air Susu unta Arab berkhasiat menyembuhkan penyakit lever maupun kerusakan metabolisme tubuh.” Al-Israili menandaskan, “Susu unta Arab adalah susu yang berprotein paling rendah, kandungan airnya lebih banyak, serta unsur makanannya lebih sedikit.” Karenanya susu jenis ini berfungsi untuk membongkar sumbatan tubuh, mensterilkan perut, dan menolak benda asing yang ada dalam tubuh.
 Hal yang demikian itu disebabkan oleh nihilnya kadar garam pada susu unta Arab, akibat rendahnya tempertur panas alami pada tubuh unta. Karenanya susu unta poluler sebagai susu yang paling berkhasiat untuk memperbaiki lever dan membongkar sumbatan yang terjadi pada lever, serta memperhalus makanan keras, utamanya jika diminum tidak terlalu lama setelah diperas. Apabila diminum dalam keadaan hangat usai diperah, maka susu jenis ini sangat berdaya guna bagi kesembuhan penyakit perut kembung yang disertai badan gemetaran (istisyqa), lebih-lebih jika dicampir dengan susu anak unta hangat yang (terlihat) seperti air seni yang keluar dari hewan lain. Susu unta juga berkhasiat untuk menambah kalori tubuh, melenyapkan penyumbatan, maka bisa dibantu dengan obat pencahar lainnya.
  Penullis kitab al-Qanun mengatakan bahwa kiranya tidak perlu masyghul maupun pusing mengomentari pendapat yang mengatakan bahwa tekstur susu unta berseberangan dengan terapi penyembuhan sakit perut kembung, sebab susu unta mengandung zat pencahar dengan takaran yang seimbang. Di anatar daya guna susu unta adalah dapat beraksi dengan cepat.
   Apabila orang yang mengidap skait perut kembung mau mengkonsumsi susu unta sebgabi ganti makanan dan minumannya, maka perut kembung akan sembuh. Itulah realita yang banyak dipraktikan oleh para musafir yang sakit perut kembung saat terdampar di ranah Arab. Ketika mereka mereguk susu unta, maka sakit yang mereka derita lenyap dengan sendirinya.Adapun susu unta terbaik adalah susu unta pedusunan (pelosok negeri), sebab unta di tempat tersebut adalah jenis yang paling baik kualitasnya.
  Hikmah Hikmah yang terpendam dair hadis tersebut di atas adalah anjuran yang berdimensi syariat untuk melakukan ikhtiar berobat serta terapi penyembuhan. Hadis uni juga mewartakan bahwa air kencing binatang halal(dibolehkan secara syariat untuk dikonsumsi) adalah suci. Sebab berobat memakai makanan dan minuman yang haram tidak diperbolehkan dalam syariat. Lain daropada itu, orang-orang Urainah dan Ukal juga tidak diperintahkan untuk mencuci mulut mereka – padahal mereka baru saja masuk Islam. Usai mereguk air seni unta. Demikan pula dengan pakaian mereka yang terkena air seni unta pada saat mereka hendak mendirikan shalat, juga tidak disuruh untuk membilasnya.
1.3   Pengobatan dengan susu dan kencing unta
Anas radhiallahu ‘anhu menceritakan: “Ada sekelompok orang ‘Urainah dari penduduk Hijaz menderita sakit (karena kelaparan atau keletihan). Mereka berkata: ‘Wahai Rasulullah, berilah tempat kepada kami dan berilah kami makan.’ Ketika telah sehat, mereka berkata: ‘Sesungguhnya udara kota Madinah tidak cocok bagi kami (hingga kami menderita sakit, –pent.).’ Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun menempatkan mereka di Harrah, di dekat tempat pemeliharaan unta-unta beliau (yang berjumlah 3-30 ekor). Beliau berkata: ‘Minumlah dari susu dan kencing unta-unta itu.
Tatkala mereka telah sehat, mereka justru membunuh penggembala unta-unta Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam (setelah sebelumnya mereka mencungkil matanya) dan menggiring unta-unta tersebut (dalam keadaan mereka juga murtad dari Islam, -pent.). Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun mengirim utusan untuk mengejar mereka, hingga mereka tertangkap dan diberi hukuman dengan dipotong tangan dan kaki-kaki mereka serta dicungkil mata mereka.” (HR. Al-Bukhari no. 5685, 5686 dan Muslim no. 4329)
Bahkan medis sekarang banyak yang meneliti kandungan dan khasiat dari susu dan kencing unta ini, dan melakukan tes medis percobaan ke berbagai penyakit. Yang luar biasa ada penelitian di timur tengah yang menghasilkan minum susu unta dan kencing unta dapat menyembuhkan peyakit hidrosefalus.
1.4    Kandungan susu unta
rosulullohi sholallohu ‘alaihi wasallam dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh imam ahmad dari ibnu abbas bahwa rosululloh bersabda:
“sesungguhnya dalam air kencing dan susu unta itu terdapat obat penyembuh bagi penyakit pada perut mereka” (hr. Ahmad dan thobroni. Say-syaikh al-albani berkomentar, “hadits dhaif”)
Penyakit perut yaitu dimana perut  tidak bisa mencerna makanan dengan baik. Sehingga makanan menjadi rusak dalam perut.
Susu unta kaya akan lemak dan sangat bermanfaat bagi orang yang mengkonsumsinya dan merupakan penawar dari racun.
Susunan asam amino dalam susu unta serupa dengan susunan hormon insulin. Sehingga baik sekali untuk diabetes.
Kandungan susu unta bertingkat-tingkat tergantung pada frekuensi perahan, usia unta, jumlah anak unta yang dilahirkan, jumlah dan jenis makanan yang diberikan, dan jumlah air yang diminumnya. Susu unta dianggap sebagai susu dengan zat alkali (zat kimia yang menetralisir asam) yang tinggi, tetapi cepat berubah menjadi asam jika dibiarkan beberapa saat dan besaran ph-nya berubah dari 6,5 -6,7 menjadi lebih tinggi lagi. Faktor yang mempercepat menjadi asam karena bertambahnya asam laktat dari 3% setelah dua jam menjadi 14% setelah enam jam.
Kadar air pada susu unta berubah dari 84% menjadi 90%. Kandungan lemaknya tidak terlalu tinggi yaitu, sekitar 5,4%. Kandungan protein sekitar 3%. Kadar gula sekitar 3,4%. Kadar materi lain seperti zat besi, kalsium, fosfor, potasium, dan magnesium sekitar 0,7%. Kandungan ini memiliki perbedaan tergantung pada jenis unta serta pakan dan minuman unta. Kandungan lemak yang ada pada susu unta lebih rendah dibandingkan kandungan lemak pada susu kerbau, yaitu 31,6% berbanding 40,9%. Lemak pada susu unta bersatu dengan protein, sehingga susah untuk dipisahkan dengan cara yang biasa seperti yang dilakukan terhadap susu yang lain.
Kandungan asam lemak pada susu unta mengalami proses yang lebih pendek dibanding susu lain. Susu unta memiliki lebih besar susunan zat asam lemak yang mudah mengembang, terutama linolenic dan berbagai zat asam lemak yang sangat vital untuk gizi manusia, khususnya mereka yang menderita penyakit jantung. Di samping itu, kadar kolesterol pada susu unta lebih rendah dibandingkan dengan susu sapi sekitar 40%, dan kandungan protein kasein pada susu unta secara umum mencapai 70%, sehingga membuat susu unta mudah dikonsumsi.
Susu unta juga mengandung vitamin c dengan kadar tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan susu sapi. Kadar ini akan terus bertambah jika unta diberi pakan rumput yang kaya vitamin. Vitamin bi dan b2 susu unta tersedia lebih banyak dibandingkan dengan susu domba. Begitu pula dengan vitamin a dan karotin yang cukup tersedia.
Manfaat minum susu unta :
·              Susu unta dicampur dengan madu, dapat membersihkan kotoran perut yang bercampur dengan sisa makanan.
·              Susu unta dicampur dengan gula, maka ia bisa mengkilatkan dan memperindah wama kulit,
·               Menyembuhkan penyakit sesak, paru-paru, dan tbc.
·              Susu unta bisa memperhalus, memperlancar, dan membuka sesuatu yang tertutup sistim pencemaan serta bagus untuk menghilangkan rasa haus.
Al-razi berkomentar tentang susu unta bahwa susu unta menyembuhkan penyakit jantung dan kerusakan anggota badan. Ibnu sina dalam al-qanunfi al-thibb (the canon of medicine) berkomentar sebagai berikut:
“susu unta merupakan obat yang berguna karena mengandung kilap dan zat khusus. Seandainya susu ini digunakan sebagai minuman dan makanan, orang yang mengkonsumsinya akan senantiasa sehat. Lni telah dilakukan oleh umat yang menyerang negeri arab. Mereka terpaksa meminum susu unta. Dan, mereka merasa cukup dengan hanya mengkonsumsi susu unta itu.”
Pasien yang menjadikan susu unta sebagai obat, disarankan untuk mengkonsumsinya pagi hari tanpa dicampur apa pun. Setelah minum, ia harus beristirahat total. Susu segar yang hangat dianggap sebagai sesuatu yang paling baik untuk membersihkan saluran pencemaan. Ia merupakan obat yang paling mujarab untuk memperlancar pencernaan. Menurut orang pedalaman, susu unta bisa menyembuhkan berbagai penyakit dalam.
Susu unta tidak hanya memberikan kekuatari semata, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Peneliti pada masa modern telah melakukan penelitian tentang manfaat susu unta
1.5   Zat gizi yang terkandung dalam susu unta.
Berikut penjelasannya:
1. Zat Besi, Seperti diketahui bahwa zat besi berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut elektron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel sehingga zat besi menjadikan tubuh lebih bertenaga,tidak mudah capek apalagi loyo. jadi zat besi tidak hanya banyak terdapat dalam sayur-sayuran hijau semisal bayam tetapi juga sangat banyak terkandung dalam susu unta.
2. Potasium, Tubuh kita memerlukan potasium untuk mengubah gula dalam darah menjadi energi, sehingga apabila kekurangan potasium tubuh akan terasa letih dan secara psikis emosi gampang tersulut. biasanya potasium banyak terdapat pada buah dan sayuran, seperti pisang, kentang panggang, bayam, apel, kacang edamme, jeruk dan salmon. tetapi sekali lagi jumlah potasium susu unta lebih tinggi per 100 ml nya.
3. Mineral-mineral, susu unta mengandung banyak mineral-mineral yang penting bagi tubuh kita, seperti kalsium, seng, zat besi, garam mineral, dll mineral ini didapat dari dalam tanah yang diserap oleh tanaman-tanaman yang pada akhirnya dikonsumsi oleh unta.
Selain zat-zat gizi yang telah disebutkan diatas susu unta merupakan sumber protein yang berlimpah dan mampu menghindarkan dari potensi bahaya gangguan mikroba dalam tubuh. Sebagian protein itu, tidak dapat ditemukan pada susu sapi, atau, ditemukan hanya sedikit. Selain itu kandungan lemak pada susu unta lebih rendah dari pada lemak yang terdapat pada susu sapi dan kambing dalam takaran yang sama.

1.6  Manfaat susu unta untuk kesehatan
Ilmuwan terkemuka dan peneliti dari berbagai negara telah membuktikan bahwa susu unta memiliki banyak manfaat kesehatan.
Peternakan unta secara luas dilakukan di daerah kering dan gersang seperti Arab Saudi, UEA, Kenya, dll.
Di tempat ini, Anda bisa menemukan susu unta dan turunannya yang dijual di toko-toko dan supermarket.
1.7   Komposisi Susu Unta
Komposisi susu unta hampir mirip dengan ASI. Susu unta merupakan suplemen makanan yang sempurna untuk anak-anak dan orang dewasa.
Vitamin utama dalam susu unta meliputi vitamin A, B dan B2. Susu ini juga mengandung mineral penting seperti potasium, seng, mangan, tembaga, magnesium, natrium, dan besi.
Kehadiran natrium membuat susu unta terasa sedikit asin. Bila dibandingkan dengan susu sapi, kandungan laktosa dan lemak susu unta jauh lebih rendah, sedangkan kandungan vitamin C dan zat besi masing-masing 3 kali dan 10 kali lebih banyak daripada susu sapi.
Nutrisi lain dalam susu unta meliputi asam lemak tak jenuh ganda, asam linoleat, dan asam volatile.
Susu unta juga mengandung unsur antimikroba tertentu yang bermanfaat bagi tubuh.
Berikut merupakan manfaat kesehatan susu unta.
1.  Manfaat Kesehatan Umum
Beragam elemen gizi yang ada di susu unta mampu meningkatkan kesehatan secara umum dan kekebalan tubuh.
Nutrisi dalam susu unta memperkuat tulang dan karena itu disarankan untuk orang yang menderita kekurangan kalsium dan gangguan tulang seperti osteoporosis.
Minum susu unta juga bisa mengatasi berbagai masalah seksual seperti impotensi, kurangnya libido, dan menekan dorongan seksual berlebih.
2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Susu unta mengandung antibodi dan immunoglobulin sehingga membuat tubuh tahan terhadap berbagai penyakit.
Fungsi dasar dari imunoglobulin adalah melindungi tubuh terhadap gangguan autoimun, alergi, dan beberapa jenis infeksi bakteri, jamur serta virus.
3. Manajemen Diabetes
Minum susu unta membantu dalam mengendalikan diabetes tipe 1. Dari studi kasus dan uji klinis yang dilakukan oleh para ilmuwan terbukti bahwa susu unta mengandung insulin dan protein mirip insulin yang memiliki efek anti-diabetes.
Uji klinis pada penderita dengan diabetes tipe 1 menunjukkan konsumsi harian 0,5 liter susu unta mengurangi kebutuhan untuk obat insulin dengan rata-rata 30%.
Dengan demikian, konsumsi susu unta berpotensi mengurangi dosis insulin yang diperlukan untuk pasien diabetes.
4. Pemulihan dari Autisme
Pengujian dilakukan pada individu yang menderita autisme untuk membuktikan manfaat susu unta dalam menghilangkan komplikasi kesehatan yang berhubungan dengan gangguan ini.
Tesis penelitian Dr Yosef Shabo dan Dr Reuven Yagil menjelaskan bahwa susu unta tanpa beta kasein dan beta-laktoglobulin tidak merugikan penderita autis.
Imunoglobulin dan protein protektif yang terkandung dalam susu unta dipercaya mampu membantu perkembangan otak.
Hasil dari studi kasus membuktikan bahwa susu unta menunjukkan potensi memperbaiki keterampilan komunikasi dan fungsi otak anak autis.













BAB III
KESIMPULAN
A.      Kesimpulan
Sudah banyak orang yang menyaksikan hal menakjubkan dalam pengobatan Thibbun Nabawi. Belum saatnyakah kita percaya dan beriman? Belum tibakah waktunya kita mengatakan kepada seruan Allah dan Rasul-Nya, “Kami mendengar dan kami taat”?
Bukankah Allah berfirman:
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اسْتَجِيبُوا لِلَّهِ وَلِلرَّسُولِ إِذَا دَعَاكُمْ لِمَا يُحْيِيكُمْ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ يَحُولُ بَيْنَ الْمَرْءِ وَقَلْبِهِ وَأَنَّهُ إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ
“Wahai orang-orang beriman, sambutlah seruan Allah dan Rosul, ketika menyeru kalian kepada apa yang menghidupkan kalian. Dan ketahuilah sesungguhnya Allah menghalangi seseorang dari hatinya dan bahwa kepada-Nya kalian kelak dikumpulkan.” (Al-Anfâl: 24)
وَمَا ءَاتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوا
“…apa saja yang dibawa orang Rosul kepadamu, maka ambillah, dan apa saja yang dilarangnya, maka tinggalkanlah…” (Al-Hasyr: 7)
وَإِنْ تُطِيعُوهُ تَهْتَدُوا
“…dan jika kalian taat kepadanya, niscaya kalian mendapat petunjuk…” (An-Nûr:54)





DAFTAR PUSTAKA

http://kaahil.wordpress.com/2009/08/08/kencing-dan-susu-unta-menyembuhkan-hepatitis-dan-diabetes/#more-1522

http://evialfadhl.wordpress.com/2010/12/21/kandungan-susu-unta/


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "PENGOBATAN ALA NABI DENGAN SUSU DAN KENCING UNTA"

  1. Artikelnya sangat menarik gan... terimakasih agan....

    ReplyDelete